dHaNie bLog

Selamat Datang di Blog dHaNie

Pendekatan Praktis untuk Memulai nge-Blog di WP.com (1)

Posted by dhanimildz on May 19, 2008

Berikut ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya dari terjemahan bebas dan yang telah saya adaptasi sesuai dengan pengalaman saya. semoga bisa sedikit membantu memahami tentang blog. Aturan-aturan yang dibuat tulisan ini bukanlah hal mati, bisa saja anda ubah sesuai keinginan sendiri. Tidak ada yang mengikat untuk begini atau begitu. Ngeblog dengan enjoy saja lah.

Jika anda memilih menggunakan pendekatan cara praktis sebelumnya untuk memulai blog wordpress.com anda, dan anda serius ingin memulai nge-blog, berikut ini adalah instruksi selangkah demi selangkahnya.

1. Buat Sebuah Rencana untuk Blog Anda

Anda ingin mempunyai sebuah blog. Sekarang anda sudah punya satu. Apa yang akan anda lakukan dengan blog itu?

Pertanyaan ini sepertinya sederhana, tetapi tidak demikian. Apa yang akan anda lakukan dengan blog itu? Apakah blog anda punya sebuah tujuan dan alasan yang jelas? Apakah anda ada ide akan menulis tentang sesuatu di blog yang baru anda punya itu? Atau anda baru saja punya blog karena melihat orang lain memiliki blog? Pikirkan itu sekarang.

Jika anda adalah orang baru dalam dunia blog, pelajari dulu apa sih blog itu dan lihatlah orang lain bagaimana mereka nge-blog tentu lewat tulisan-tulisannya. Coba cek dan kunjungi blog-blog yang sebelumnya telah ada melalui , , dan untuk melihat apa yang dilakukannya dan bagaimana mana mereka menulis atau nge-blog.

Kunjungi juga yang menampilkan blog-blog populer dengan berbagai bahasa yang ada di wordpress.com. Jika anda telah login (masuk) di WordPress.com, ketika anda melihat blog WordPress.com seperti yang ini, anda akan melihat juga bar-biru pada bagian atas setiap halaman. nextPada sebelah kanan bar berwarna biru itu ada tautan untuk menuju “Next Blog” (dengan tanda panah menghadap ke kanan). Klik saja itu dan anda akan di bawa ke blog wordpress.com yang lain secara acak. Dengan nge-klik bar biru itu maka anda akan melihat aktifitas blogging yang dilakukan komunitas WordPress.com. Saat ini ada lebih dari 700.000 blog wordpress.com, jadi anda mempunyai banyak contoh-contoh blog dengan berbagai gaya-style.

Untuk memulai proses pembuatan rencana blog yang anda buat, buatlah sebuah daftar 10 hal yang akan anda jadikan bahasan blog. Jika anda hanya memiliki sedikit visi/tujuan, yah minimal cukup dengan 5 atau berapa saja. Di bawah setiap hal yang anda telah tetapkan itu buatkah daftar lagi yang lebih spesifik untuk masing-masing topik. Contohnya seperti (blognya lorrele) dibawah ini:

WordPress WordPress.com Blogging Web Design Bloggers
WordPress tips
WordPress tricks
template files
template tags
using WordPress
WordPress Themes
WordPress news
WordPress Plugins
How to use WordPress.com
WordPress.com tips
WordPress news
WordPress.com bloggers
Who uses WordPress.com
Why use WordPress.com blogs
Blogging tips
How to blog
Blog writing
Who blogs
Who reads blogs
How do blogs work
Blog technology
Tools and resources
CSS
HTML/XHTML
Design Elements
Website development
Browser bugs
Layout and structure
Tools and resources
Who blogs
Types of blogs
Types of bloggers
Blogging communities and groups
Blogging societies and clubs
Blog networks and networking

Dari daftar yang anda buat itu, pilihlah kategori anda. Jika anda mengetahui apa yang akan anda tulis, kemudian buatlah sebuah kategori pada masing-masing pokok bahasan.

Dari daftar yang dibuat Lorrele di atas, Ia mengeset kategori awalnya sebagai Blog Babble (tentang blogging dan bloggers), Web Wise, WordPress News, WordPress Tips, dan WordPress.com. Beberapa bulan kemudian, ia memiliki cukup artikel untuk membuat kategori yang lebih banyak lagi.
Ok, mulailah dengan kategori yang anda perlukan dan anda bisa menambahkannya lagi anti.

Dengan anda memiliki outline tujuan dan kategori, akan diperlukan beberapa menit untuk menuliskan beberapa ide cerita tentang tulisan blog anda pada setiap masing-masing kategori. Direkomendasikan setidaknya memilikinya tiga kategori, lebih bagus lagi mungkin lima, untuk menolong anda untuk mengawalinya. Jadikan itu sebagai bagian dari perencanaan untuk menulis dari ide awal dalam minggu-minggu pertama dan kedua dalam kehidupan blog anda.

Dengan ide yang jelas dari suatu topik anda akan melakukan blogging, menuliskan satu atau dua buah kalimat deskripsi, atau bahkan sebuah paragraf, yang mendeskripsikan apa yang menjadi bahasan utama blog anda. Dari situ, datanglah judul dan subjudul untuk blog baru anda, yang secara spesifik membantu pada apa yang semestinya menjadi isi blog anda.

Dengan judul blog baru, subjudul, paragraf deskripsi, kategori, dan beberapa ide-ide untuk artikel, maka jari anda siap untuk menari di atas tuts keyboard untuk mengisi blog, anda telah siap untuk melakukan langkah berikutnya.

Sumber Tulisan: lorelle.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: